- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Gojek
Gojek merupakan sebuah aplikasi yang memberikan layanan pemesanan jasa ojek melalui smartphone. Gojek Indonesia sendiri adalah nama lain dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan di ibukota Jakarta pada tahun 2010 dan hingga kini layanan Gojek sudah bisa dinikmati di 50 kota lebih yang ada di Indonesia loh! Bahkan, Gojek juga semakin eksis hingga ke beberapa negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, dan Singapura.
Nadiem Makarim, merupakan sosok yang berperan besar dalam pembuatan Gojek. Pencetus berdirinya Gojek ini memiliki pengalaman menggunakan transportasi ojek setiap hari. Lalu, dengan pengamatan yang dilakukan, Nadiem Makarim mengambil kesimpulan bahwa sebagian besar waktu tukang ojek dihabiskan untuk menunggu datangnya penumpang ke pangkalan, bukannya menjemput penumpang. Padahal, mereka mungkin saja bisa memperoleh pemasukan lebih banyak jika menjemput banyak penumpang.
Fnomena itulah yang akhirnya membuat Nadiem Makarim memunculkan ide cerdas berupa peluang untuk menghubungkan penumpang dengan para tukang ojek. Hasilnya, pada 13 Oktober 2010 perusahaan Gojek Indonesia resmi didirikan. Saat pertama kali diluncurkan, Gojek hanya terdiri dari 20 pengemudi serta menggunakan sistem Call Center untuk proses pemesanan. Setelah 4 tahun berjalan, Nadiem Makarim semakin banyak memperoleh tawaran investasi. Pada 7 Januari 2015, akhirnya Gojek Indonesia merilis aplikasi berplatform iOS dan Android yang menggantikan pemesanan dengan sistem Call Center.
Adapun berikut ini adalah 5 jenis layanan yang disediakan gojek:
- Go-Ride
Pada layanan GO-RIDE, Anda akan mengantarkan Pelanggan dari tempat penjemputan ke tempat tujuan. GO-RIDE adalah pilihan transportasi yang memberikan kecepatan, kemudahan pemesanan, dan kemudahan menentukan tujuan pengantaran, dan yang terpenting adalah keamanan dan kenyamanan. Pelanggan akan memasukkan tempat penjemputan dan tujuan mereka ke dalam aplikasi ketika memesan layanan GO-RIDE, dengan jarak maksimum 30 km.
- Go-Food
GO-FOOD adalah layanan pesan antar makanan dengan lebih dari 75.000 restoran yang terdaftar di aplikasi GO-JEK. Pada layanan GO-FOOD, Anda akan membelikan makanan yang dipesan oleh Pelanggan dan mengantarkannya ke lokasi Pelanggan sesuai dengan keterangan di aplikasi. Maksimal jarak pengantaran pada layanan GO-FOOD adalah 25 km. - Go-Send
Pada layanan ini, Anda akan mengantarkan barang dari Pelanggan ke tempat tujuan sesuai dengan pemesanan di aplikasi. Anda dapat mengantarkan barang dalam satu area yang sama dengan maksimal berat barang 20 kg dan maksimal ukuran 70x50x50 cm. - Go-Shop
GO-SHOP adalah layanan belanja yang memudahkan Pelanggan untuk membeli barang atau makanan di toko yang tidak terdaftar pada layanan GO-FOOD dan GO-MART dalam satu area yang sama. Lokasi pembelian dan pengantaran sesuai dengan yang tertera pada pemesanan Pelanggan di aplikasi. Maksimal jarak pengantaran dari tempat belanja ke lokasi Pelanggan yaitu 30 km. - Go-Med
GO-MED, yang kini bekerja sama dengan Halodoc, merupakan layanan untuk Pelanggan yang ingin membeli obat, vitamin, dan kebutuhan kesehatan lainnya di apotek berlisensi yang sudah tersedia di layanan GO-MED. Pada layanan GO-MED, Anda akan membelikan dan mengantarkan obat atau kebutuhan kesehatan lainnya kepada Pelanggan, sesuai dengan pemesanan Pelanggan di aplikasi.
Traveloka
Perusahaan Traveloka merupakan salah satu jasa layanan travel dalam bentuk platform yang cukup terkenal di Asia tenggara. Jasa ini menyediakan berbagai layanan mulai dari tiket akomodasi hingga penyewaan hotel.
Sejarah Traveloka dan perkembangannya tak pernah bisa luput dari pengaruh perkembangan teknologi. Terlebih dengan adanya dukungan dari Indonesia yang menjadi salah satu negara dengan penggunaan internet terbanyak di Asia.
Bahkan pada tahun 2011 pengguna internet di Indonesia meningkat cukup pesat dari 40 juta pengguna naik hingga lebih dari 50 juta pengguna. Dengan dasar inilah, Ferry Unardi memberanikan diri untuk membangun perusahaan tech startup di Indonesia.
Karena menurut riset yang ia pelajari, tech startup pada bidang travel dinilai cukup menguntungkan di Indonesia.
Sejarah Singkat Berdirinya Platform Online Traveloka
Traveloka berdiri sekitar 9 tahun yang lalu tepatnya di tahun 2012. Perusahaan berbasis daring ini didirikan oleh Ferry Unardi yang dibantu dengan rekannya yaitu Albert Zhang dan Derianto Kusuma.
Ferry Unardi sendiri merupakan warga Indonesia yang sempat menempuh pendidikan di Purdue University di Amerika Serikat. Semasa kuliah, pria berusia 33 tahun ini mengambil jurusan Computer Science and Engineering.
Dengan ilmu yang ia pelajari di bangku kuliah, ia bahkan sempat bekerja di perusahaan Microsoft selama tiga tahun sebagai software engineer. Berdirinya Traveloka awalnya juga didasari oleh pengalaman pribadi Ferry yang hendak pulang dari Amerika ke tanah kelahirannya, Padang, Sumatera.
Saat itu ia kesulitan menemukan tiket pesawat dari Indianapolis, Amerika menuju Kota Padang. Ditambah lagi berbagai website penyedia tiket pesawat tidak memberikan layanan yang memuaskan.
Setelah itu Ferry berinisiatif untuk menciptakan perusahaan Travel Agent untuk memudahkan orang-orang dalam bepergian. Kemudian Ferry mengajak dua temannya yang juga berasal dari Indonesia untuk membangun bisnis bersama yang juga pernah bekerja di perusahaan Microsoft.
Mereka bertiga kemudian menyusun bisnis selama 6 bulan sendiri tanpa adanya satupun investor. Pada tahun 2012 berdirilah Traveloka. Tujuan perusahaan Traveloka saat itu membantu orang-orang sebagai mesin pencari tiket pesawat dan reservasi hotel.
Perkembangan Traveloka di Indonesia
Sejak awal kemunculannya 9 tahun lalu, perkembangan Traveloka terbilang sangat pesat di jagat industri bisnis Indonesia. Pasalnya setelah beberapa bulan didirikan, perusahaan ini mampu menarik banyak investor bahkan bekerja sama dengan maskapai penerbangan.
Hasilnya pada pertengahan 2013, Traveloka secara resmi menyediakan jasa reservasi tiket pesawat. Tidak berhenti disitu pada tahun 2014, Traveloka kembali melebarkan sayapnya untuk membantu pengguna dalam reservasi kamar hotel secara online.
Hingga saat ini dalam hal transportasi, Traveloka tidak hanya menyediakan jasa reservasi tiket pesawat. Pelanggan juga dapat melakukan reservasi alat transportasi lain seperti kereta, bis, bahkan rental mobil.
Selain menyediakan jasa reservasi kamar hotel. Anda pun juga dapat melakukan reservasi apartment, guest house, villa, resort, dan lain-lain. Yang tidak kalah menarik, kini sudah ada lebih dari 100 maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan traveloka baik domestik maupun internasional.
Selain lewat website akses Traveloka juga mudah karena sudah tersedia dalam aplikasi yang bisa diunduh iOS maupun Android. Untuk melakukan reservasi layanan yang tersedia di Traveloka, disediakan berbagai metode pembayaran yang memudahkan pelanggan.
Pembayaran layanan traveloka kini didukung dengan 40 macam metode pembayaran yang dapat dipilih pelanggan sesuai dengan selera. Tidak hanya di Indonesia, perusahaan travel agent ini juga sudah melebarkan sayapnya hingga ke berbagai negara di Asia lainnya seperti Filipina, Vietnam, Malaysia dan Singapura.
Perusahaan Traveloka sendiri memiliki beberapa visi dan misi. Visi misi Traveloka tentunya tidak luput dari peningkatan layanan bagi pelanggan. Salah satu visi perusahaan ini adalah untuk selalu memberikan kontribusi dalam peningkatan industri pariwisata dan transportasi di Indonesia.
Adapun keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh pelanggan saat menggunakan jasa layanan Traveloka. Diantaranya yaitu lebih cepat. Dengan Traveloka, Anda cukup melakukan reservasi secara online yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.
Keuntungan selanjutnya yaitu Anda tidak akan kehilangan atau ketinggalan e-Ticket karena tersimpan di dalam akun aplikasi Traveloka Anda. Yang tidak kalah penting yaitu hemat kertas. Hal ini tidak bisa dianggap sepele karena print out tiket dengan kertas bisa menghabiskan banyak batang pohon.
Uber
Uber Technologies, Inc., yang biasa kita kenal sebagai Uber adalah perusahaan ride-hailing (pemesanan kendaraan melalui aplikasi) pertama di dunia yang banyak mengilhami perusahaan sejenis seperti Gojek dan Grab.
Perusahaan dari Amerika Serikat yang berbasis di San Francisco ini menawarkan layanan mengantar penumpang dan makanan dengan kendaraan mobil, sepeda listrik atau skuter. Uber telah beroperasi di lebih dari 785 wilayah metropolitan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia sebelum mereka menutup layanannya di sini.
Uber didirikan pada 2009 oleh Garrett Camp, seorang programmer komputer dan Travis Kalanick, dengan nama UberCab. Camp menemukan ide membuat Uber, pada saat malam tahun baru, setelah ia dan teman-temannya menghabiskan USD 800 untuk menyewa sopir pribadi, yang menurutnya mahal, ia ingin mencari cara mengurangi biaya transportasi langsung.
Akhirnya Camp menemukan ide, yaitu sharing dengan orang lain. Camp mengajak teman-temannya, Kalanick, Oscar Salazar dan Conrad Whelan, untuk membuat prototype Uber. Setelah peluncuran versi beta pada tahun 2010, layanan dan aplikasi seluler Uber resmi diluncurkan di San Francisco pada 2011, tetapi aplikasi buatan mereka hanya untuk memesan mobil mewah hitam dan ongkosnya mencapai 1,5 kali lipat dari taksi.
Pada tahun 2011, Camp mengubah nama UberCab menjadi Uber karena banyak menerima protes dari operator taksi San Francisco. Lalu di tahun 2012, Uber X diluncurkan, aplikasi yang dapat memesan taksi reguler dan pengemudi Uber, kali ini Uber bukan hanya untuk memesan mobil mewah hitam.
Pada Agustus 2014, Uber meluncurkan Uber Eats, layanan pengiriman makanan dan UberPOOL, layanan carpooling, di Wilayah Teluk San Francisco. kemudian diluncurkan di kota-kota lain di seluruh dunia, China (2015), Inggris (2015), India (2016), Singapura (2016), Australia (2018), Rusia (2018), dan sebagainya.
wah topik yang bagus
BalasHapusjan lupa subrek ngab fadhelmurphy.github.io
BalasHapusTopiknya keren bingitss
BalasHapus