Langsung ke konten utama

UTS PBI

3 Perusahan Market Leader dalam Bidang Transportasi


Gojek

 


Gojek merupakan sebuah aplikasi yang memberikan layanan pemesanan jasa ojek melalui smartphone. Gojek Indonesia sendiri adalah nama lain dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan di ibukota Jakarta pada tahun 2010 dan hingga kini layanan Gojek sudah bisa dinikmati di 50 kota lebih yang ada di Indonesia loh!  Bahkan, Gojek juga semakin eksis hingga ke beberapa negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, dan Singapura.

 



Nadiem Makarim, merupakan sosok yang berperan besar dalam pembuatan Gojek. Pencetus berdirinya Gojek ini memiliki pengalaman menggunakan transportasi ojek setiap hari. Lalu, dengan pengamatan yang dilakukan, Nadiem Makarim mengambil kesimpulan bahwa sebagian besar waktu tukang ojek dihabiskan untuk menunggu datangnya penumpang ke pangkalan, bukannya menjemput penumpang. Padahal, mereka mungkin saja bisa memperoleh pemasukan lebih banyak jika menjemput banyak penumpang.

Fnomena itulah yang akhirnya membuat Nadiem Makarim memunculkan ide cerdas berupa peluang untuk menghubungkan penumpang dengan para tukang ojek. Hasilnya, pada 13 Oktober 2010 perusahaan Gojek Indonesia resmi didirikan. Saat pertama kali diluncurkan, Gojek hanya terdiri dari 20 pengemudi serta menggunakan sistem Call Center untuk proses pemesanan. Setelah 4 tahun berjalan, Nadiem Makarim semakin banyak memperoleh tawaran investasi. Pada 7 Januari 2015, akhirnya Gojek Indonesia merilis aplikasi berplatform iOS dan Android yang menggantikan pemesanan dengan sistem Call Center.

Adapun berikut ini adalah 5 jenis layanan yang disediakan gojek:

  1. Go-Ride
    Pada layanan GO-RIDE, Anda akan mengantarkan Pelanggan dari tempat penjemputan ke tempat tujuan. GO-RIDE adalah pilihan transportasi yang memberikan kecepatan, kemudahan pemesanan, dan  kemudahan menentukan tujuan pengantaran, dan yang terpenting adalah keamanan dan kenyamanan. Pelanggan akan memasukkan tempat penjemputan dan tujuan mereka ke dalam aplikasi ketika memesan layanan GO-RIDE, dengan jarak maksimum 30 km.

  2. Go-Food
    GO-FOOD adalah layanan pesan antar makanan dengan lebih dari 75.000 restoran yang terdaftar di aplikasi GO-JEK. Pada layanan GO-FOOD, Anda akan membelikan makanan yang dipesan oleh Pelanggan dan mengantarkannya ke lokasi Pelanggan sesuai dengan keterangan di aplikasi. Maksimal jarak pengantaran pada layanan GO-FOOD adalah 25 km.

  3. Go-Send
    Pada layanan ini, Anda akan mengantarkan barang dari Pelanggan ke tempat tujuan sesuai dengan pemesanan di aplikasi. Anda dapat mengantarkan barang dalam satu area yang sama dengan maksimal berat barang 20 kg dan maksimal ukuran 70x50x50 cm.

  4. Go-Shop
    GO-SHOP adalah layanan belanja yang memudahkan Pelanggan untuk membeli barang atau makanan di toko yang tidak terdaftar pada layanan GO-FOOD dan GO-MART dalam satu area yang sama. Lokasi pembelian dan pengantaran sesuai dengan yang tertera pada pemesanan Pelanggan di aplikasi. Maksimal jarak pengantaran dari tempat belanja ke lokasi Pelanggan yaitu 30 km.

  5. Go-Med
    GO-MED, yang kini bekerja sama dengan Halodoc, merupakan layanan untuk Pelanggan yang ingin membeli obat, vitamin, dan kebutuhan kesehatan lainnya di apotek berlisensi yang sudah tersedia di layanan GO-MED. Pada layanan GO-MED, Anda akan membelikan dan mengantarkan obat atau kebutuhan kesehatan lainnya kepada Pelanggan, sesuai dengan pemesanan Pelanggan di aplikasi.

Traveloka

Perusahaan Traveloka merupakan salah satu jasa layanan travel dalam bentuk platform yang cukup terkenal di Asia tenggara. Jasa ini menyediakan berbagai layanan mulai dari tiket akomodasi hingga penyewaan hotel.

Sejarah Traveloka dan perkembangannya tak pernah bisa luput dari pengaruh perkembangan teknologi. Terlebih dengan adanya dukungan dari Indonesia yang menjadi salah satu negara dengan penggunaan internet terbanyak di Asia.

Bahkan pada tahun 2011 pengguna internet di Indonesia meningkat cukup pesat dari 40 juta pengguna naik hingga lebih dari 50 juta pengguna. Dengan dasar inilah, Ferry Unardi memberanikan diri untuk membangun perusahaan tech startup di Indonesia.

Karena menurut riset yang ia pelajari, tech startup pada bidang travel dinilai cukup menguntungkan di Indonesia.

Sejarah Singkat Berdirinya Platform Online Traveloka

Traveloka berdiri sekitar 9 tahun yang lalu tepatnya di tahun 2012. Perusahaan berbasis daring ini didirikan oleh Ferry Unardi yang dibantu dengan rekannya yaitu Albert Zhang dan Derianto Kusuma.

Ferry Unardi sendiri merupakan warga Indonesia yang sempat menempuh pendidikan di Purdue University di Amerika Serikat. Semasa kuliah, pria berusia 33 tahun ini mengambil jurusan Computer Science and Engineering.

Dengan ilmu yang ia pelajari di bangku kuliah, ia bahkan sempat bekerja di perusahaan Microsoft selama tiga tahun sebagai software engineer. Berdirinya Traveloka awalnya juga didasari oleh pengalaman pribadi Ferry yang hendak pulang dari Amerika ke tanah kelahirannya, Padang, Sumatera.

Saat itu ia kesulitan menemukan tiket pesawat dari Indianapolis, Amerika menuju Kota Padang. Ditambah lagi berbagai website penyedia tiket pesawat tidak memberikan layanan yang memuaskan.

Setelah itu Ferry berinisiatif untuk menciptakan perusahaan Travel Agent untuk memudahkan orang-orang dalam bepergian. Kemudian Ferry mengajak dua temannya yang juga berasal dari Indonesia untuk membangun bisnis bersama yang juga pernah bekerja di perusahaan Microsoft.

Mereka bertiga kemudian menyusun bisnis selama 6 bulan sendiri tanpa adanya satupun investor. Pada tahun 2012 berdirilah Traveloka. Tujuan perusahaan Traveloka saat itu membantu orang-orang sebagai mesin pencari tiket pesawat dan reservasi hotel.

Perkembangan Traveloka di Indonesia

Sejak awal kemunculannya 9 tahun lalu, perkembangan Traveloka terbilang sangat pesat di jagat industri bisnis Indonesia. Pasalnya setelah beberapa bulan didirikan, perusahaan ini mampu menarik banyak investor bahkan bekerja sama dengan maskapai penerbangan.

Hasilnya pada pertengahan 2013, Traveloka secara resmi menyediakan jasa reservasi tiket pesawat. Tidak berhenti disitu pada tahun 2014, Traveloka kembali melebarkan sayapnya untuk membantu pengguna dalam reservasi kamar hotel secara online.

Hingga saat ini dalam hal transportasi, Traveloka tidak hanya menyediakan jasa reservasi tiket pesawat. Pelanggan juga dapat melakukan reservasi alat transportasi lain seperti kereta, bis, bahkan rental mobil.

Selain menyediakan jasa reservasi kamar hotel. Anda pun juga dapat melakukan reservasi apartment, guest house, villa, resort, dan lain-lain. Yang tidak kalah menarik, kini sudah ada lebih dari 100 maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan traveloka baik domestik maupun internasional.

Selain lewat website akses Traveloka juga mudah karena sudah tersedia dalam aplikasi yang bisa diunduh iOS maupun Android. Untuk melakukan reservasi layanan yang tersedia di Traveloka, disediakan berbagai metode pembayaran yang memudahkan pelanggan.

Pembayaran layanan traveloka kini didukung dengan 40 macam metode pembayaran yang dapat dipilih pelanggan sesuai dengan selera. Tidak hanya di Indonesia, perusahaan travel agent ini juga sudah melebarkan sayapnya hingga ke berbagai negara di Asia lainnya seperti Filipina, Vietnam, Malaysia dan Singapura.

Perusahaan Traveloka sendiri memiliki beberapa visi dan misi. Visi misi Traveloka tentunya tidak luput dari peningkatan layanan bagi pelanggan. Salah satu visi perusahaan ini adalah untuk selalu memberikan kontribusi dalam peningkatan industri pariwisata dan transportasi di Indonesia.

Adapun keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh pelanggan saat menggunakan jasa layanan Traveloka. Diantaranya yaitu lebih cepat. Dengan Traveloka, Anda cukup melakukan reservasi secara online yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Keuntungan selanjutnya yaitu Anda tidak akan kehilangan atau ketinggalan e-Ticket karena tersimpan di dalam akun aplikasi Traveloka Anda. Yang tidak kalah penting yaitu hemat kertas. Hal ini tidak bisa dianggap sepele karena print out tiket dengan kertas bisa menghabiskan banyak batang pohon.

Uber


Uber Technologies, Inc., yang biasa kita kenal sebagai Uber adalah perusahaan ride-hailing (pemesanan kendaraan melalui aplikasi) pertama di dunia yang banyak mengilhami perusahaan sejenis seperti Gojek dan Grab.


Perusahaan dari Amerika Serikat yang berbasis di San Francisco ini menawarkan layanan mengantar penumpang dan makanan dengan kendaraan mobil, sepeda listrik atau skuter. Uber telah beroperasi di lebih dari 785 wilayah metropolitan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia sebelum mereka menutup layanannya di sini.


Uber didirikan pada 2009 oleh Garrett Camp, seorang programmer komputer dan Travis Kalanick, dengan nama UberCab. Camp menemukan ide membuat Uber, pada saat malam tahun baru, setelah ia dan teman-temannya menghabiskan USD 800 untuk menyewa sopir pribadi, yang menurutnya mahal, ia ingin mencari cara mengurangi biaya transportasi langsung.


Akhirnya Camp menemukan ide, yaitu sharing dengan orang lain. Camp mengajak teman-temannya, Kalanick, Oscar Salazar dan Conrad Whelan, untuk membuat prototype Uber. Setelah peluncuran versi beta pada tahun 2010, layanan dan aplikasi seluler Uber resmi diluncurkan di San Francisco pada 2011, tetapi aplikasi buatan mereka hanya untuk memesan mobil mewah hitam dan ongkosnya mencapai 1,5 kali lipat dari taksi.


Pada tahun 2011, Camp mengubah nama UberCab menjadi Uber karena banyak menerima protes dari operator taksi San Francisco. Lalu di tahun 2012, Uber X diluncurkan, aplikasi yang dapat memesan taksi reguler dan pengemudi Uber, kali ini Uber bukan hanya untuk memesan mobil mewah hitam.


Pada Agustus 2014, Uber meluncurkan Uber Eats, layanan pengiriman makanan dan UberPOOL, layanan carpooling, di Wilayah Teluk San Francisco. kemudian diluncurkan di kota-kota lain di seluruh dunia, China (2015), Inggris (2015), India (2016), Singapura (2016), Australia (2018), Rusia (2018), dan sebagainya.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Penduduk dan Masyarakat

1.       Pengertian Penduduk Penduduk adalah semua orang yang tinggal atau menetap di suatu wilayah selama enam bulan  atau lebih dan atau mereka yang tinggal berdomisili kurang dari enam bulan tetapi bertujuan menetap dan secara hokum berhak tinggal di daerah tersebut. Pertumbuhan penduduk diakibatkan oleh tiga komponen yaitu: fertilitas, mortalitas dan migrasi. 2.       Pengertian Masyarakat Masyarakat adalah sejumlah manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan mempunyai kepentingan yang sama. Seperti, sekolah, keluarga, perkumpulan, Negara semua adalah masyarakat. Dalam ilmu sosiologi kita mengenal ada dua macam  masyarakat, yaitu masyarakat paguyuban dan masyarakat petambayan. Masyarakat paguyuban terdapat hubungan pribadi antara anggota- anggota yang menimbulkan suatu ikatan batin antara mereka. Pada masyarakat patambayan terdapat hubungan pamrih antara anggota-anggota nya. Dapat dilihat bahwa Penduduk adalah orang yang menem

Pertumbuhan Penduduk Australia

Dr Richard Denniss dari Institut Australia (TAI) mengatakan pada tahun 2014 penduduk Australia bertambah 400 ribu orang dan itu menunjukan tingkat laju pertumbuhan penduduk Australia ternyata jauh lebih cepat dari prakiraan sebelumnya. Penduduk Australia sudah mencapai  24 juta jiwa pada akhir tahun 2015. Seiring dengan jumlah kelahiran bayi yang terus meningkat, terutama bayi dari keluarga imigran baru. Berdasarkan Australian Bureau of Statistics tercatat bahwa populasi bertambah 1.6% pada akhir tahun 2017.  Dalam 15 tahun terakhir sejak tahun tahun 2000 tercatat populasi warga pendatang di Australia telah meningkat sebesar 2,75 juta orang. Angka ini melebihi jumlah total pendatang selama tahun 1950-an, 60-an dan 70-an yang hanya mencapai  2,54 juta. Kemajuan yang diraih Australia membuat banyak orang yang ingin tinggal di Australia, dan kenyataannya tingkat tertinggi migrasi ke Australia terjadi tahun 2009, tahun setelah terjadi krisis keuangan global dimana Australia

Masalah Sosial di Bidang Pertanian dan Cara Mengatasinya dari Sudut Pandang TI

Salah satu masalah sosial yang serius adalah tertinggalnya pertanian di Indonesia dimana infrastruktur pertanian yang terabaikan, organisasi tani yang kurang berfungsi sebagaimana mestinya, kurangnya askes kepada lembaga keuangan, investasi yang rendah, kurangnya akses pasar, SDM petani yang mayoritas rendah, dan sistem penyaluran dana program ketahanan pangan tidak transparan. Berdasarkan sudut Teknik Informatika masalah sosial ini dapat diatasi dengan menciptakan peralatan petani yang sudah diprogram sistemnya dimana petani hanya cukup memantau pekerjaan dari peralatan tersebut di balik layar. Sistem kerja alat ini adalah berupa input dari user dimana user hanya perlu memilih pekerjaan seperti apa yang akan dilakukan oleh alat tersebut dimana input tersebut akan diproses oleh alat tersebut dan alat tersebut akan bekerja secara otomatis mengolah lahan pertanian. Sistem kerja alat ini pun dapat dikembangkan lebih lanjut lagi dengan sistem kontrol jarak jauh, petani hanya per